MODEL KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN E–KTP DI KOTA SERANG

Neka Fitriyah

Abstract


Abstrak                                                                                            

Penelitian ini berawal dari program pemerintah tentang e-KTP yang diwajibkan bagi seluruh masyarakat. Kota Serang termasuk Pemerintah yang memiliki program e-KTP bagi penduduknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan bagaiaman model komunikasi  pemerintah Kota Serang dalam mensosialisasikan program e–KTP.  Penelitian ini menggunakan Model komunikasi AIDA.  Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dalam model komunikasi e – KTP yang dilakukan oleh pemerintah Kota Serang yaitu dengan melakukan analisis situasi, analisis organisasi, dan analisis publiknya.  Analisis situasi digunakan untuk melihat kesiapan aparat dan masyarakat serta perangkat yang dimiliki dalam pelaksanaan program tersebut. Analisis organisasi lebih difokuskan pada kemampuan SDM Internal aparat pemerintah Kota Serang dalam program e-KTP sedangkan analisis publik lebih pada bagaimana respond dan partisipasi masyarakatkotaSerang untuk mensuskseskan program e-KTP. Media lkal cetak maupun elektronik dalam sosialisasi e – KTP ini menjadi alat bantu yang penting dalam proses penyampaian informasi mengenai e – KTP kepada masyarakat Kota Serang.

 

Kata kunci: Model Komunikasi, e-KTPKotaSerang dan Media.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdillah Hanafi Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Usaha Nasional. Surabaya.

McQuail, Denis, Teori Komunikasi Massa, Erlangga, Jakarta, 1994.

Mardikanto Totok, Komunikasi Pembangunan. UNS Press Surakarta, 2010

Nasution, Zulkarimen. 2002. Komunikasi Pembangunan, Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Nurudin. Sistem Komunikasi Indonesia. Rajawali Pers. Jakarta. 2005

Srinivas, R. Melkote. Communication for Development in Third World: Theory and Practice. London: Sage. 1991

Rogers, Everett M. dan F. Floyd Shoemaker. Communication of Innovations. Terjemahan

Rogers, E. M. Diffusion of Innovations: Fifth Edition. Free Press. New York. 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats