Komunikasi Krisis di Era Media Sosial: Analisis Bibliometrik Kerangka Teoritis dan Praktik

Rafa Aqilah, Rully Khairul Anwar, Yunus Winoto

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan bibliometrik untuk mengeksplorasi tren dan pola penelitian terkait komunikasi krisis di era media sosial pada rentang 2011-2024. Data dikumpulkan dari database Scopus, dengan fokus pada artikel ilmiah. Setelah melalui proses pencarian, dihasilkan sebanyak 273 artikel yang diekstraksi dan dianalisis menggunakan software Biblioshiny. Analisis meliputi visualisasi jaringan co-occurrence, rata-rata sitasi per tahun, WordCloud dan identifikasi kontribusi institusional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan produksi artikel ilmiah secara signifikan dengan puncak produksi pada tahun 2023–2024 dan rata-rata pertumbuhan tahunan 26,15%. Kata kunci utama seperti 'social media,' 'crisis communication,' dan 'public health' mencerminkan keragaman pendekatan penelitian. Negara dengan kontribusi publikasi penelitian mengenai topik ini paling tinggi berada di Amerika Serikat, diikuti oleh negara-negara Eropa seperti Inggris dan Jerman, sementara Indonesia masih memiliki kontribusi yang terbatas. Penelitian ini juga menemukan adanya ketimpangan kontribusi antarnegara, serta jurnal-utama yang banyak membahas penelitian dengan topik ini. Studi ini memberikan rekomendasi untuk mengembangkan strategi komunikasi yang lebih efektif di era digital terutama di keadaan kritis. Hasil studi dapat menjadi landasan penting dalam memahami transformasi komunikasi di era media sosial dan memberikan kontribusi signifikan bagi akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan.


Full Text:

PDF

References


Westerman, D., Spence, P. R., & Van Der Heide, B. (2014). Social Media As Information Source: Recency Of Updates And Credibility Of Information. Journal Of Computer-Mediated Communication, 19(2), 171–183. Https://Doi.Org/10.1111/Jcc4.12041

Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika Berkomunikasi Dalam Era Media Digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(4). Https://Www.Jurnalintelektiva.Com/Index.Php/Jurnal/Article/View/659

Prastya, N. M. (2011). Komunikasi Krisis Di Era New Media Dan Social Media. Jurnal Komunikasi, 6(1). Https://Journal.Uii.Ac.Id/Jurnal-Komunikasi/Article/View/6374

Buzoianu, C., & Bîră, M. (2021). Using Social Media Listening In Crisis Communication And Management: New Methods And Practices For Looking Into Crises. Sustainability (Switzerland), 13(23). Https://Doi.Org/10.3390/Su132313015

Lin, X., Spence, P. R., Sellnow, T. L., & Lachlan, K. A. (2016). Crisis Communication, Learning And Responding: Best Practices In Social Media. Computers In Human Behavior, 65, 601–605. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2016.05.080

Diarra, A. R., & Rahman, S. G. (2024). Komunikasi Krisis Dana Indonesia Pada Kasus “Saldo Hilang” Untuk Mempertahankan Reputasi Perusahaan. Educationist: Journal Of Educational And Cultural Studies, 3(3). Https://Jurnal.Litnuspublisher.Com/Index.Php/Jecs/Article/View/198

Liu, W., Zhao, X., Zhan, M. (Monica), & Hernandez, S. (2024). Streaming Disasters On Tiktok: Examining Social Mediated Crisis Communication, Public Engagement, And Emotional Responses During The 2023 Maui Wildfire. Public Relations Review, 50(5). Https://Doi.Org/10.1016/J.Pubrev.2024.102512

Lubis, M. Z., & Hayadi, B. H. (2022). Strategi Komunikasi Krisis Pemerintah Menggunakan Big Data Pada Media Sosial. Journal Of Computer And Engineering Science, 1(3). Https://Pusdikra-Publishing.Com/Index.Php/Jaroe/Article/View/773

Rahmawati, O. D., Fitria, N., & Mujab, S. (2023). Strategi Manajemen Isu Dan Komunikasi Krisis Mcdonald’s Indonesia Yang Terkena Imbas Informasi Hoaks Fatwa Mui Terkait Haramnya Membeli Produk Israel. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(6). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Kultura.V1i6.754

Jungblut, M., Kümpel, A. S., & Steer, R. (2024). Social Media Use Of The Police In Crisis Situations: A Mixed-Method Study On Communication Practices Of The German Police. New Media And Society, 26(8), 4647–4668. Https://Doi.Org/10.1177/14614448221127899

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How To Conduct A Bibliometric Analysis: An Overview And Guidelines. Journal Of Business Research, 133, 285–296. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2021.04.070

Pranckutė, R. (2021). Web Of Science (Wos) And Scopus: The Titans Of Bibliographic Information In Today’s Academic World. In Publications (Vol. 9, Issue 1). Multidisciplinary Digital Publishing Institute (Mdpi). Https://Doi.Org/10.3390/Publications9010012

Ly-Le, T.-M. (2020). The Use Of Social Media In Crisis Communication – A Vietnam – U.S. Comparison. [Penggunaan Media Sosial Dalam Krisis Komunikasi- Vietnam - Perbandingan As]. Derema (Development Research Of Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 153. Https://Doi.Org/10.19166/Derema.V15i2.2342

Corallo, T. (2012). The Emerging Role Of New Media In Global Crisis The Emerging Role Of New Media In Global Crisis Communications Communications. Https://Digitalcommons.Montclair.Edu/Etd




DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v22i01.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats