PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI TOKO BAGUS TERHADAP MINAT BELI (SURVEY PADA WARGA KOMPLEKS CITRA GRAN CLUSTER CENTRAL GARDEN, CIBUBUR)

Ilona V. Oisina Situmeang

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi khususnya media televisi mengajak perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya. Namun tidak dipungkiri bahwa konsumen jarang memberikan ruang untuk memperhatikan tayangan iklan media televisi. Ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan untuk menciptakan iklan yang dapat menarik perhatian. Sehingga dapat diingat oleh konsumen. Iklan Toko Bagus merupakan salah satu iklan yang menggunakan media internet dalam menjual maupun membeli produk, namun diiklankan melalui media televisi. Daya tarik pesan, selebritis dan rasional membuat iklan mudah untuk diingat oleh konsumen. Populasi penelitian ini adalah warga komplek Citra Gran Cluster Centra Garden, Cibubur. Sebanyak 373 Kepala keluarga dan sampel penelitian sebanyak 93 Kepala keluarga yang pernah melakukan transaksi melalui Toko Bagus Hasil yang didapatkan korelasi sebesar 0,691 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan tinggi antara daya tarik iklan dengan minat beli konsumen. Hasil regresi menunjukkan bahwa sebesar 0,701 dan koefisien determinasi sebesar 0,530. Uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang kuat dan positif antara daya tarik iklan dengan minat beli konsumen.

 

Kata kunci: iklan televisi, toko bagus, minat beli


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ardianto E, “omunikasi massa suatu pengantar”, Remadja Rosdakarya, Bandung, 2004

Ashenfelter O, Levine PB, Zimmerma DJ, “Statistics and econometrics: methods and applications”, John Wiley & Sons, Inc, New York, 2003.

Jefkins F, “Periklanan”, Erlangga, Jakarta, 1997.

Khasali, R, “Manajemen perprograman, konsep, dan aplikasi di Indonesia”, Pustaka Utama Grfitti, Jakarta, 2003.

Kottler P, “Manajemen pemasaran”, Prehaindo, Jakarta, 2002.

Kriyantono R, “Teknis praktis riset komunikasi”, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2000.

Nazir M, “Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1999.

Prasetyo B dan Miftahul JL, “Metode penelitian kuantitatif, teori dan aplikasi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Priyatno D, “Mandiri Belajar SPSS”, Mediakom, Jakarta, 2008.

Rahmat J, “Psikologi komunikasi”, Remadja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Seviela CG, Ochave A, Punsalan G, Regala P, Uriarte, “Pengantar metode penelitian”, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1993.

Suyanto M, “Strategi perancangan iklan televise perusahaan top dunia”, Andi, Yogyakarta, 2005.

Winardi, “Prilaku konsumen”, Balai Pustaka, Jakarta, 1991.

Seviela CG, Ochave A, Punsalan G, Regala P, Uriarte, “Pengantar metode penelitian”, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats