OPTIMALISASI FUNGSI MEDIA RELATIONS UNTUK KEBERHASILAN KOMUNIKASI KRISIS

Zainal Abidin Partao

Abstract


Abstrak

Tujuan perusahaan adalah mencari laba sebesar-besarnya guna memperkaya pemilik atau pemegang saham serta mempertahankannya agar langgeng.  Namun krisis dapat menimpa siapa saja, baik perusahaan besar maupun kecil.  Komunikasi krisis yang baik disertai pemanfaatan fungsi media relations secara optimal, selain dapat menghindari krisis, bila pun datang, krisis itu sendiri bisa segera diatasi atau ditanggulangi, image dan reputasi organisasi/perusahaan tetap terjaga. Lebih dari itu,  kepercayaan, dukungan dan loyalitas publik berikut konsumen inti semakin tinggi.

Kata Kunci: Krisis, komunikasi krisis, media relations,  nilai berita, good news is good news, image, reputasi, agenda settingvulnerable analysis.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Aceng, ”Press Relations, Kiat Berhubungan Dengan Media”, Rosda, Bandung, 2000.

Ancok, Djamaludin, et.al, ”Dasar-Dasar Ilmu Sosial untuk Public Relations”, PT. Bina Rena Pariwara, Jakarta, 1992.

Antoni, ”Riuhnya Persimpangan Itu”, Tiga Serangkai, Solo, 2004.

Anwar, Rosihan, ”Bahasa Jurnalistik dan Komposisi”, Media Abadi, Jakarta, 2004.

Barton, Laurence, “Crisis in Organizations”, Cincinnati, College Division, South-Western Publishing Co, Ohio, 1993.

Blake, Reed H. & Haroldsen, Edwin O, “Taksonomi Konsep Komunikasi”, terjemahan Papyrus, Surabaya, 2003.

Brigham, Eugiene F. & Houston, Joel F, ”Manajemen Keuangan”, terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999.

Chandra, Robby I, ”Teologi dan Komunikasi”, Duta Wacana University Press, Yogyakarta, 1996.

Curtis, Dan B., et.al, ”Komunikasi Bisnis dan Profesional”, terjemahan Bandung: Rosda, Bandung, 2000.

Jafkins, Frank, ”Public Relations”, Edisi Keempat – terjemahan Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995.

Jurnal ISKI, Vol. VII, ”Manajemen Krisis”, Trend Media, Jakarta, 1998.

Kasali, Rhenald, ”Manajemen Public Relations”, Grafiti, Jakarta, 1994.

McQuail, Denis & Windahl, Sven, ”Model-Model Komunikasi”, terjemahan, Uni Primas, Jakarta, 1985.

Nugroho, Bimo, et.al, ”Politik Media Mengemas Berita”, Institut Studi Arus Informasi, Jakarta, 1999.

Panuju, Redi, ”Krisis Public Relations”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002.

Porter, Michael E, ”Keunggulan Bersaing”, terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1993.

Rivers, William L., et.al, “Media Massa & Masyarakat Modern”, terjemahan, Prenada Media, Jakarta, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats