HUBUNGAN ANTARA IKLIM KOMUNIKASI DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ASTRA INTERNASIONAL NISSAN DIESEL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi dengan motivasi kerja karyawan PT.Astra Internasional Nissan Diesel. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif korelasional dan jenis penelitiannya adalah survey, dengan populasi yang berjumlah 33 orang yaitu karyawan tetap PT. Astra Internasional Nissan Diesel. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di PT. Astra Internasional Nissan Diesel maka dapat disimpulkan bahwa iklim komunikasi PT. Astra Internasional Nissan Diesel berada dalam kategori baik sehingga memberikan pengaruh terhadap motivasi kerja karyawan yang berada dalam kategori tinggi, hal ini dikarenakan manajemen PT. Astra Internasional Nissan Diesel sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan, dan juga adanya saling keterbukaan, kepercayaan dan kejujuran yang tinggi antara pimpinan dengan bawahan atau sebaliknya dan antara personel dengan rekan sejawat, sebagian besar hal inilah yang menyebabkan iklim komunikasi dapat berjalan dengan baik didalam PT. Astra Internasional Nissan Diesel sehingga dapat menimbulkan motivasi kerja yang tinggi didalam diri setiap karyawan. Motivasi kerja yang tinggi juga disebabkan karena setiap personel ingin mencapai prestasi kerja yang tinggi, penghargaan serta keinginan untuk melebih rekan sejawatnya, hal inilah yang menyebabkan tingginya motivasi kerja karyawan PT. Astra Internasional Nissan Diesel. Dari hal tersebut maka penulis memberikan saran agar iklim komunikasi yang berada pada kategori baik di PT. Astra Internasional Nissan Diesel dapat dijaga dan ditingkatkan lagi guna menjaga dan meningkatkan motivasi kerja yang tinggi yang ada didalam diri karyawan.
Kata kunci: iklim komunikasi, motivasi, kerja karyawan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2001.
Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti, Metode Penelitian Kuantitatif, Gava Media, Yogyakarta, 2007.
R. Wayne, Pace dan Don F. Faules, Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.
Rakhmat, Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.
Ruslan, Rosady, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2003.
Sendjaja, Sasa Djuarsa, dkk, Pengantar Komunikasi, Universitas Terbuka, 1999.
Sevilla, Consuelo G., dkk, Pengantar metode Penelitian, Universitas Indonesia, 1993.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode penelitian Survai, PT. Pustaka LP3ES Indonesia, 1995.
Uno, Hamzah B., Teori Motivasi & Pengukurannya, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2007.
Usmara, A., Motivasi Kerja : Proses, Teori dan Praktik, Amara Books, Yogyakarta, 2006.
DOI: https://doi.org/10.47007/jkomu.v8i2.109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats